Welcome readers!

Welcome to the varies of information about my writing and my thoughts in this blog! Enjoy! Semoga menjadi berkat dan tidak usah ragu untuk menuliskan komentar Anda! God bless you!

Rabu, 25 April 2012

Air Terjun Bidadari, Sang Bidadari Sumatera Selatan

Ketika mendengar kata Sumatera Selatan, kemungkinan besar yang akan muncul dalam pemikiran kita khususnya masyarakat Indonesia secara umum adalah Palembang. Mungkin karena memang provinsi ini beribukotakan Palembang. Namun lebih dari itu, lebih luas lagi Sumatera Selatan bukan terbatas hanya Palembang semata. Daerah Sumatera Selatan terdiri dari sebelas kabupaten dan empat kota. Salah satu Kabupaten yang saya cukup tertarik dengan pesonanya adalah kabupaten Lahat.

Ada satu air terjun yang cukup menarik di wilayah ini,, nama air terjun ini cukup menarik dan menggelitik telinga. Air terjun tersebut dinamakan Air Terjun Bidadari. Dinamakan air terjun bidadari karena konon katanya air terjun ini tempat mandi para bidadari. Terlepas dari sejarah nama itu, air terjun ini cukup indah dan menarik. Air terjun yang terletak di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan ini merupakan potensi wisata yang sangat menjanjikan apabila dikelola dengan baik.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan lebar sekitar 10 meter. Tidak terlalu tinggi memang, namun pesonanya luar biasa. Di sekitar air terjun ini terdapat tiga air terjun yang dapat dinikmati seraya menyusuri pesona air terjun Bidadari. Air terjun tersebut diantaranya Air Terjun Bujang Gadis dengan ketinggian 4 meter, berjarak sekitar 30 meter di bawah air terjun Bidadari ini, kemudian di bawah air terjun Bujang Gadis terdapat Air terjun Sumbing sekitar 80 meter dari air terjun Bujang Gadis dengan ketinggian sekitar 35 meter. Lalu di bawah air terjun Sumbing terdapat pula air terjun Naga. Bagian air terjun paling bawah ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dengan jarak sekitar 50 meter dari air terjun Sumbing. 
gambar dari: 


Ibarat kata pepatah sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui demikian pula anda ketika menyusuri Air Terjun Bidadari ini. Anda dapat memuli dari bagian paling bawah air terjun yaitu air terjun Naga hingga ke paling atas yaitu air terjun Bidadari atau mungkin sebaliknya. Anda tidak perlu takut untuk tersesat karena masyarakat setempat akan menjadi pemandu wisata yang sangat baik untuk anda. Lokasi air terjun ini akan menjadi kekayaan yang sangat besar khususnya bagi provinsi Sumatera Selatan karena keindahannya yang menakjubkan serta pesonanya yang sungguh memikat. Berdasarkan semua keindahan dan pesona alam yang menakjubkan ini saya merasa bahwa Air Terjun Bidadari adalah Bidadari kota Sumatera Selatan sehingga tidak mengherankan tempat ini menjadi tempat favorit untuk film-film terbaik di negeri ini salah satunya yaitu Si Pahit Lidah.

Dengan kekayaan alam dan pesonanya yang sangat indah, menurut saya tidak baik jika kita tinggal diam. Ibarat manusia memiliki potensi namun dikubur sehingga tidak terlihat demikian pula pesona dan keindahan alam Air Terjun Bidadari ini tidak akan dikenal masyarakat jika tidak dikembangkan dan jika hanya dikubur dan menjadi konsumsi lokal saja. Tidaklah suatu hal yang mustahil air terjun ini akan menjadi salah satu wisata yang sangat berkembang bagi masyarakat Sumatera Selatan khusunya masyarakat Lahat jika dikelola dan dirawat dengan baik. Kita perlu untuk menjadi a good stewardship untuk setiap kekayaan dan potensi alam di sekitar kita, termasuk air terjun Bidadari sang Bidadari kota Sumatera Selatan. Rawatlah, kembangkanlah, jagalah dan mulailah bertindak dari hal-hal kecil namun berguna!

3 komentar:

  1. wahh sumsel t4 wisatanya tidak kalah juga dengan kota2 lainn heheeheehe

    yuk mampir di home ku juga gan makasihhhhhhhh

    BalasHapus
  2. waow bagus banget pemandagan air terjunnya
    Rental Mobil Jogja

    BalasHapus